Pages

Labels

Kamis, 12 Mei 2016

tugas pengembangan pkn kelas 1 tema 6 lingkungan bersih, sehat, dan asri


                                                                                                         
PENGEMBANGAN PKN
KELAS 1 TEMA 6 LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan PKN SD yang dibina oleh Bapak Drs. Imam Muchtar, S.H., M.Hum dan Bapak
Fajar Surya Hutama S. Pd, M. Pd

Oleh:
KELOMPOK 1
KELAS B
1.     Selatika Pidiana                       (130210204011)
2.     Siti Nur Jamilah                       (130210204017)
3.     Siti Esa Devika Sari                 (130210204081)
4.      Helvy Ika Sa’diyah                         (130210204084)
5.      Siti Nur Hidayatul M.                     (130210204106)
6.      Shodiqol Karima                             (130210204108)

PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016


SUB TEMA 1
LINGKUNGAN RUMAHKU
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
SUB INDIKATOR
MATERI AJAR
MODEL/ PENDEKATAN/ STRATEGI/ METODE
ALAT PERAGA/ MEDIA/ BAHAN AJAR/ SUMBER BELAJAR
EVALUASI
PEMBELAJARAN 1
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

·         Menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah
·         Mempraktikkan cara membersihkan dan merapikan rumah dan kamar tidur

·      Menjelaskan cara menjaga membersihakan bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, halaman,dan lain sebagainya
·      Mempraktikkan cara membersihkan dan merapikan bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang tamu, dapu, halaman dan lain sebagainya

·      Membersihkan dan merapikan rumah seisinya
·      Membersihkan halaman rumah

·     Model : Pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick
·      Metode: Ceramah, bermain peran, tanya jawab
Jurnal:
Pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar PKn bagi Siswa Kelas VII-D di SMP Negeri 19 Malang/Oleh Oktavia Abrianti Putri.
·     Media Pembelajaran: Video pembelajaran cara membersihkan rumah.
·     Sumber belajar: buku siswa








Kognitif:
Soal tes individu
yang berupa pilihan ganda (C1) dan soal  uraian (C2)

Afektif :
-          rubrik penilaian (kerjasama, keberanian, percaya diri, kelancaran berkomunikasi)
-          melaporkan hasil kerja kelompok (A2)
-          menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah ( A2)

Psikomotorik:
mempraktikkn cara membersihkan dan merapikan rumah dan kamar tidur (P2)
































2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·      Membersihkan dan merapikan rumah seisinya
·      Membersihkan halaman rumah

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
·         Menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah
·         Mempraktikkan cara membersihkan dan merapikan rumah dan kamar tidur


·      Menjelaskan cara menjaga membersihakan bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, halaman,dan lain sebagainya
·      Mempraktikkan cara membersihkan dan merapikan bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang tamu, dapu, halaman dan lain sebagainya
·      Membersihkan dan merapikan rumah seisinya
·      Membersihkan halaman rumah

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.2    Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
·      Membersihkan dan merapikan rumah seisinya
·      Membersihkan halaman rumah

PEMBELAJARAN 2
PEMBELAJARAN 3
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

·         Mengidentifikasi kebiasaan baik dan tidak baik dalam menjaga kebersihan di rumah
·         Mempraktikkan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan di rumah

·      Mengidentifikasi perbuatan baik dalam menjaga kebersihan rumah seisinya
·      Mengidentifikasi perbuatan yang tidak baik dalam menjaga kebersihan rumah seisinya
·      Mempraktikkan kebiasaan baik dalam menjaga bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, halaman dan lain sebagainya

·      Kebiasaan bersih dan sehat

·         Model : Numbered Heads Together
·      Metode : Tanya jawab, Diskusi, presentasi, penugasan
Jurnal:
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 1 ISSN 2354-614X “Penerapan Pembelajaran Melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together Siswa Kelas V SDN No. 1 Tonggolobibi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn”  oleh I Wayan Suwastana


·     Media: gambar
·     Sumber belajar: buku siswa















Kognitif :
-          Soal uraian dikerjakan secara berkelompok (C2)
-          Soal tes individu yang terdiri dari pilihan ganda (C1), mengisi titik-titik (C1), dan soal uraian (C2)
-          Fortofolio hasil kerja kelompok

Afektif :
-          Rubrik penilaian (kerjasama, keberanian, kepercayaan diri, dan kelancaran berkomunikasi)
-          Melaporkan hasil kerja kelompok (A2)
-          Menampilkan contoh perbuatan baik dalam menjaga kebersihan rumah (A2)

Psikomotorik:
-          Melakukan/ melaksanakan kebiasaan baik dalam menjaga rumah




2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·      Kebiasaan bersih dan sehat

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah













·         Mengidentifikasi kebiasaan baik dan tidak baik dalam menjaga kebersihan di rumah
·         Mempraktikkan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan di rumah








·      Mengidentifikasi perbuatan baik dalam menjaga kebersihan rumah seisinya
·      Mengidentifikasi perbuatan yang tidak baik dalam menjaga kebersihan rumah seisinya
·      Mempraktikkan kebiasaan baik dalam menjaga bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, halaman dan lain sebagainya
·      Kebiasaan bersih dan sehat

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
·      Kebiasaan bersih dan sehat

PEMBELAJARAN 4
PEMBELAJARAN 5
PEMBELAJARAN 6
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

·         Menyimpulkan menggunakan benda harus sesuai fungsinya untuk menjaga kebersihan
·      Menentukan aturan menggunakan benda
·      Menjelaskan penggunaan alat-alat kebersihan harus sesuai dengan fungsinya untuk menjaga kebersihan
·      Menjelaskan cara menggunakan benda-benda harus sesuai dengan fungsinya untuk menjaga kebersihan
·      Menjelaskan aturan penggunaan alat-alat kebersihan
·      Alat-alat kebersihan dan fungsinya
·      Pendekatan PAIKEM
·      Model : Pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick
·      Metode: Ceramah, diskusi, simulasi, tanya jawab
Jurnal:
Pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar PKn bagi Siswa Kelas VII-D di SMP Negeri 19 Malang/Oleh Oktavia Abrianti Putri
·     Media pembelajaran:
a.       Video pembelajaran tentang alat kebersihan dan fungsinya
b.      Lagu anak-anak jagalah kebersihan
c.       Gambar berbagai alat kebersihan
·     Sumber belajar: buku siswa
Kognitif:
Soal tes individu
a.               pilihan ganda (C1)
b. uraian (C2)

Afektif :
-          rubrik penilaian (kerjasama, keberanian, percaya diri, kelancaran berkomunikasi)
-          melaporkan hasil kerja kelompok (A2)
-          menjelaskan cara menggunakan alat-alat kebersihan ( A2)

Psikomotorik:
-          mempraktikkn cara menggunakan alat-alat kebersihan sesuia dengan fungsinya (P2)
























2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·         Alat-alat kebersihan dan fungsinya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
·      Menyimpulkan menggunakan benda harus sesuai fungsinya untuk menjaga kebersihan
·      Menentukan aturan menggunakan benda



·      Menjelaskan penggunaan alat-alat kebersihan harus sesuai dengan fungsinya untuk menjaga kebersihan
·      Menjelaskan cara menggunakan benda-benda harus sesuai dengan fungsinya untuk menjaga kebersihan
·      Menjelaskan aturan penggunaan alat-alat kebersihan
·         Alat-alat kebersihan dan fungsinya
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
·      Alat-alat kebersihan dan fungsinya










SUB TEMA 2
LINGKUNGAN SEKITAR RUMAHKU
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
SUB INDIKATOR
MATERI AJAR
MODEL/ PENDEKATAN/ STRATEGI/ METODE
ALAT PERAGA/ MEDIA/ BAHAN AJAR/ SUMBER BELAJAR
EVALUASI
PEMBELAJARAN 1
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

·       Mengidentifikasi cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
·       Menyatakan pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
·         Menjelaskan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah
·         Menjelaskan cara menjaga kebersihan lingkungan alam
·         Menyampaikan pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah
·         Menyampaikan pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam
·      Lingkungan sekitar rumahku bersih dan sehat
·      Bersama-sama menjaga lingkungan


·      Model : Cooperative Script
·      Metode : Diksusi, presentasi, tanya jawab
Jurnal:
Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS/oleh Rohani, Asmaul Khair, Siti Rachmah Sofiani
·     Bahan Ajar : Cerita bergambar mengenai cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
·     Media : Video tentang lingkungan yang bersih dan lingkungan yang tidak bersih
·     Sumber belajar: buku siswa
Kognitif :
-          soal individu yang terdiri dari pilihan ganda (C1), isian titik-titik (C2), soal uraian (C2)
-          soal kelompok (C2)

Afektif:
-          rubrik penilaian (kerjasam, kepercayaan, dan kelancara berkomunikasi) (A2)
-          melaporkan hasil kerja kelompok (A2)
-          menampilkan contoh menjaga kebersihan lingkungan rumah (A2)

Psikomotorik:
-          melakukan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan kelas (P2)



























2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·      Lingkungan sekitar rumahku bersih dan sehat
·      Bersama-sama menjaga lingkungan

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·       Mengidentifikasi cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
·       Menyatakan pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
·         Menjelaskan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah
·         Menjelaskan cara menjaga kebersihan lingkungan alam
·         Menyampaikan pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah
·         Menyampaikan pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam
·      Lingkungan sekitar rumahku bersih dan sehat
·      Bersama-sama menjaga lingkungan

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
·      Lingkungan sekitar rumahku bersih dan sehat
·      Bersama-sama menjaga lingkungan

PEMBELAJARAN 2
PEMBELAJARAN 3
PEMBELAJARAN 4
PEMBELAJARAN 5
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

·         Menyadari sikap tertib dalam melakukan kerja kelompok
·         Mempraktikkan sikap tertib dan teratur dalam melakukan kerja kelompok


·      Memberikan contoh sikap tertib dalam melakukan kerja kelompok
·      Mempraktikkan sikap tertib dan teratur dalam kerja kelompok
·      Aku dapat membuat kalimat bersama teman-teman
·      Membedakan bentuk benda

·      Model : Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement  – Divisions (STAD)
·      Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi
Jurnal:
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Pemahaman Peristiwa Proklamasi Indonesia Dalam Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Pereng Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010 / oleh Sarifah Nurhasanah





















·     Sumber belajar: buku siswa

























Kognitif :
-          Soal tes individu yang terdiri dari pilihan ganda (C1), soal uraian (C2)

Afektif:
-          Rubrik penilaian (kerjasama, keberanian, percaya diri, dan kelancaran komunikasi)
-          Melaporkan hasil kerja kelompok (A2)

Psikomotorik:
-          Menunjukkan bentuk-bentuk benda disekitar (P3)



































2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·      Aku dapat membuat kalimat bersama teman-teman
·      Membedakan bentuk benda

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·         Menyadari sikap tertib dalam melakukan kerja kelompok
·         Mempraktikkan sikap tertib dan teratur dalam melakukan kerja kelompok












·      Memberikan contoh sikap tertib dalam melakukan kerja kelompok
·      Mempraktikkan sikap tertib dan teratur dalam kerja kelompok













·      Aku dapat membuat kalimat bersama teman-teman
·      Membedakan bentuk benda

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
·      Aku dapat membuat kalimat bersama teman-teman
·      Membedakan bentuk benda

PEMBELAJARAN 6







SUB TEMA 3
LINGKUNGAN SEKOLAHKU
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
SUB INDIKATOR
MATERI AJAR
MODEL/ PENDEKATAN/ STRATEGI/ METODE
ALAT PERAGA/ MEDIA/ BAHAN AJAR/ SUMBER BELAJAR
EVALUASI
PEMBELAJARAN 1
PEMBELAJARAN 2
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

·         Mengidentifikasi perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
·         Memberikan paling sedikit 3 contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
·         Menunjukan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
·      Menjelaskan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan  di dalam kelas
·      Menjelaskan perilaku tertib dan teratur dalam mejaga kebersihan di luar kelas
·      Memberikan contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan  di dalam kelas
·      Memberikan contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan  di dalam kelas
·      Menunjukkan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
·       Menunjukkan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
·      Tertib dan teratur di lingkungan sekolah
·      Sekolah bersih karena kita peduli

·      Pendekatan: Student Center
·      Model: Kooperatif tipe TGT
Jurnal:
Model Pembelajaran TGT dalam Peningkatan Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN Weton Kulon, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen/ oleh Muji Kuwati, Tri Saptuti Susiani, Imam Suyanto







·     Media pembelajaran: kartu ucapan
·     Sumber belajar: buku siswa










Kognitif :
-          Tes tulis (C3)

Afektif :
-          Peduli lingkungan (A3)
-          Disiplin (A5)
-          Tanggung jawab ( A5)

Psikomotorik:
-          Partisipasi (P1)
-          Membuat kartu (P2)
-          Menyampaikan ucapan (P3)


























































2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·      Tertib dan teratur di lingkungan sekolah
·      Sekolah bersih karena kita peduli

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
·         Mengidentifikasi perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
·         Memberikan paling sedikit 3 contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
·       Menunjukan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
·      Menjelaskan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan  di dalam kelas
·      Menjelaskan perilaku tertib dan teratur dalam mejaga kebersihan di luar kelas
·      Memberikan contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan  di dalam kelas
·      Memberikan contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan  di dalam kelas
·      Menunjukkan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
·       Menunjukkan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
·      Tertib dan teratur di lingkungan sekolah
·      Sekolah bersih karena kita peduli

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
·      Tertib dan teratur di lingkungan sekolah
·      Sekolah bersih karena kita peduli

PEMBELAJARAN 3
PEMBELAJARAN 4
PEMBELAJARAN 5
PEMBELAJARAN 6










SUB TEMA 4
BEKERJA SAMA MENJAGA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
SUB INDIKATOR
MATERI AJAR
MODEL/ PENDEKATAN/ STRATEGI/ METODE
ALAT PERAGA/ MEDIA/ BAHAN AJAR/ SUMBER BELAJAR
EVALUASI
PEMBELAJARAN 1
PEMBELAJARAN 2
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.2  Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
·         Mengidentifikasi perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
·         Memberikan paling sedikit 3 contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan yang biasa dilakukan
·          Mempraktikkan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
·      Menjelaskan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
·      Memberikan contoh  perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
·      Memberikan contoh  perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
·      Menjaga kebersihan lingkungan
·      Model : Kooperatif Two Stay Two Stray
·      Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi
Jurnal:
Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PKn/ oleh Titik Hariyani, Rapani, A. Sudirman
·     Sumber Belajar: Buku Siswa



























Kognitif :
Tes tulis berupa
-          soal individu yang terdiri dari soal pilihan ganda (C1) soal uraian (C2)
-          soal kelompok (C2)

Afektif :
-          rubrik penilaian ( Peduli lingkungan, disiplin dan tanggung jawab) (A5)
-          melaporkan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok yang lain ( A2)

Psikomotorik :
-          berpartispasi dalam kegiatan diskusi (P2)
-          menyampaikan laporan hasil kerja kelompok kepada kelompok lainnya (P2)







































2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·         Menjaga kebersihan lingkungan
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
·         Mengidentifikasi perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
·         Memberikan paling sedikit 3 contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan yang biasa dilakukan
·        Mempraktikkan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
·      Menjelaskan perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
·      Memberikan contoh  perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
·      Memberikan contoh  perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
·         Menjaga kebersihan lingkungan
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
·      Menjaga kebersihan lingkungan
PEMBELAJARAN 3
PEMBELAJARAN 4
PEMBELAJARAN 5
PEMBELAJARAN 6


0 komentar:

Posting Komentar