PENGEMBANGAN
PKN
KELAS
1 TEMA 6 LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI
Disusun
guna memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan PKN SD yang dibina oleh Bapak Drs. Imam Muchtar, S.H., M.Hum
dan Bapak
Fajar
Surya Hutama S. Pd, M. Pd
Oleh:
KELOMPOK 1
KELAS B
1.
Selatika Pidiana (130210204011)
2.
Siti Nur Jamilah (130210204017)
3.
Siti Esa Devika Sari (130210204081)
|
4.
Helvy Ika Sa’diyah (130210204084)
5.
Siti Nur Hidayatul M. (130210204106)
6.
Shodiqol Karima (130210204108)
|
PRODI
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2016
SUB TEMA 1
LINGKUNGAN RUMAHKU
|
|||||||
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
SUB INDIKATOR
|
MATERI AJAR
|
MODEL/ PENDEKATAN/
STRATEGI/ METODE
|
ALAT PERAGA/ MEDIA/
BAHAN AJAR/ SUMBER BELAJAR
|
EVALUASI
|
PEMBELAJARAN 1
|
|||||||
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
·
Menjelaskan cara menjaga
kebersihan rumah
·
Mempraktikkan cara membersihkan
dan merapikan rumah dan kamar tidur
|
· Menjelaskan
cara menjaga membersihakan bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang
tamu, dapur, halaman,dan lain sebagainya
· Mempraktikkan
cara membersihkan dan merapikan bagian-bagian rumah seperti kamar tidur,
ruang tamu, dapu, halaman dan lain sebagainya
|
· Membersihkan
dan merapikan rumah seisinya
· Membersihkan
halaman rumah
|
· Model
: Pembelajaran kooperatif tipe Talking
Stick
· Metode:
Ceramah, bermain peran, tanya jawab
Jurnal:
Pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar PKn bagi Siswa
Kelas VII-D di SMP Negeri 19 Malang/Oleh Oktavia Abrianti Putri.
|
· Media
Pembelajaran: Video pembelajaran cara membersihkan rumah.
· Sumber
belajar: buku siswa
|
Kognitif:
Soal
tes individu
yang
berupa pilihan ganda (C1) dan soal uraian (C2)
Afektif :
-
rubrik penilaian (kerjasama,
keberanian, percaya diri, kelancaran berkomunikasi)
-
melaporkan hasil kerja kelompok
(A2)
-
menjelaskan cara menjaga
kebersihan rumah ( A2)
Psikomotorik:
mempraktikkn
cara membersihkan dan merapikan rumah dan kamar tidur (P2)
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
|
· Membersihkan
halaman rumah
|
|||||
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
|
·
Menjelaskan cara menjaga
kebersihan rumah
·
Mempraktikkan cara membersihkan
dan merapikan rumah dan kamar tidur
|
· Menjelaskan
cara menjaga membersihakan bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang
tamu, dapur, halaman,dan lain sebagainya
· Mempraktikkan
cara membersihkan dan merapikan bagian-bagian rumah seperti kamar tidur,
ruang tamu, dapu, halaman dan lain sebagainya
|
· Membersihkan
dan merapikan rumah seisinya
· Membersihkan
halaman rumah
|
|||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
· Membersihkan
dan merapikan rumah seisinya
· Membersihkan
halaman rumah
|
|||||
PEMBELAJARAN 2
|
|||||||
PEMBELAJARAN 3
|
|||||||
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
·
Mengidentifikasi kebiasaan baik
dan tidak baik dalam menjaga kebersihan di rumah
·
Mempraktikkan kebiasaan baik
dalam menjaga kebersihan di rumah
|
· Mengidentifikasi
perbuatan baik dalam menjaga kebersihan rumah seisinya
· Mengidentifikasi
perbuatan yang tidak baik dalam menjaga kebersihan rumah seisinya
· Mempraktikkan
kebiasaan baik dalam menjaga bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang
tamu, dapur, halaman dan lain sebagainya
|
· Kebiasaan
bersih dan sehat
|
·
Model : Numbered Heads Together
· Metode
: Tanya jawab, Diskusi, presentasi, penugasan
Jurnal:
Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4
No. 1 ISSN 2354-614X “Penerapan Pembelajaran Melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together Siswa Kelas
V SDN No. 1 Tonggolobibi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn” oleh I Wayan Suwastana
|
· Media:
gambar
· Sumber
belajar: buku siswa
|
Kognitif :
-
Soal uraian dikerjakan secara
berkelompok (C2)
-
Soal tes individu yang terdiri
dari pilihan ganda (C1), mengisi titik-titik (C1), dan soal uraian (C2)
-
Fortofolio hasil kerja kelompok
Afektif :
-
Rubrik penilaian (kerjasama,
keberanian, kepercayaan diri, dan kelancaran berkomunikasi)
-
Melaporkan hasil kerja kelompok
(A2)
-
Menampilkan contoh perbuatan baik
dalam menjaga kebersihan rumah (A2)
Psikomotorik:
-
Melakukan/ melaksanakan kebiasaan
baik dalam menjaga rumah
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
|
· Kebiasaan
bersih dan sehat
|
|||||
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
|
·
Mengidentifikasi kebiasaan baik
dan tidak baik dalam menjaga kebersihan di rumah
·
Mempraktikkan kebiasaan baik
dalam menjaga kebersihan di rumah
|
· Mengidentifikasi
perbuatan baik dalam menjaga kebersihan rumah seisinya
· Mengidentifikasi
perbuatan yang tidak baik dalam menjaga kebersihan rumah seisinya
· Mempraktikkan
kebiasaan baik dalam menjaga bagian-bagian rumah seperti kamar tidur, ruang
tamu, dapur, halaman dan lain sebagainya
|
· Kebiasaan
bersih dan sehat
|
|||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
· Kebiasaan
bersih dan sehat
|
|||||
PEMBELAJARAN 4
|
|||||||
PEMBELAJARAN 5
|
|||||||
PEMBELAJARAN 6
|
|||||||
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
·
Menyimpulkan menggunakan benda
harus sesuai fungsinya untuk menjaga kebersihan
· Menentukan
aturan menggunakan benda
|
· Menjelaskan
penggunaan alat-alat kebersihan harus sesuai dengan fungsinya untuk menjaga
kebersihan
· Menjelaskan
cara menggunakan benda-benda harus sesuai dengan fungsinya untuk menjaga
kebersihan
· Menjelaskan
aturan penggunaan alat-alat kebersihan
|
· Alat-alat
kebersihan dan fungsinya
|
· Pendekatan
PAIKEM
· Model
: Pembelajaran kooperatif tipe Talking
Stick
· Metode:
Ceramah, diskusi, simulasi, tanya jawab
Jurnal:
Pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar PKn bagi Siswa
Kelas VII-D di SMP Negeri 19 Malang/Oleh Oktavia Abrianti Putri
|
· Media
pembelajaran:
a. Video
pembelajaran tentang alat kebersihan dan fungsinya
b. Lagu
anak-anak jagalah kebersihan
c. Gambar
berbagai alat kebersihan
· Sumber
belajar: buku siswa
|
Kognitif:
Soal
tes individu
a.
pilihan ganda (C1)
b.
uraian (C2)
Afektif :
-
rubrik penilaian (kerjasama,
keberanian, percaya diri, kelancaran berkomunikasi)
-
melaporkan hasil kerja kelompok
(A2)
-
menjelaskan cara menggunakan
alat-alat kebersihan ( A2)
Psikomotorik:
-
mempraktikkn cara menggunakan
alat-alat kebersihan sesuia dengan fungsinya (P2)
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
|
·
Alat-alat kebersihan dan
fungsinya
|
|||||
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
|
· Menyimpulkan
menggunakan benda harus sesuai fungsinya untuk menjaga kebersihan
· Menentukan
aturan menggunakan benda
|
· Menjelaskan
penggunaan alat-alat kebersihan harus sesuai dengan fungsinya untuk menjaga
kebersihan
· Menjelaskan
cara menggunakan benda-benda harus sesuai dengan fungsinya untuk menjaga
kebersihan
· Menjelaskan
aturan penggunaan alat-alat kebersihan
|
·
Alat-alat kebersihan dan fungsinya
|
|||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
· Alat-alat
kebersihan dan fungsinya
|
SUB TEMA 2
LINGKUNGAN SEKITAR
RUMAHKU
|
|||||||
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
SUB INDIKATOR
|
MATERI AJAR
|
MODEL/ PENDEKATAN/
STRATEGI/ METODE
|
ALAT PERAGA/ MEDIA/
BAHAN AJAR/ SUMBER BELAJAR
|
EVALUASI
|
PEMBELAJARAN 1
|
|||||||
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
· Mengidentifikasi
cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
· Menyatakan
pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
|
·
Menjelaskan cara menjaga
kebersihan lingkungan sekitar rumah
·
Menjelaskan cara menjaga
kebersihan lingkungan alam
·
Menyampaikan pendapat tentang
sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah
·
Menyampaikan pendapat tentang
sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam
|
· Lingkungan
sekitar rumahku bersih dan sehat
· Bersama-sama
menjaga lingkungan
|
· Model
: Cooperative Script
· Metode
: Diksusi, presentasi, tanya jawab
Jurnal:
Penerapan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
IPS/oleh Rohani, Asmaul Khair, Siti Rachmah Sofiani
|
· Bahan
Ajar : Cerita bergambar mengenai cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
· Media
: Video tentang lingkungan yang bersih dan lingkungan yang tidak bersih
· Sumber
belajar: buku siswa
|
Kognitif :
-
soal individu yang terdiri dari
pilihan ganda (C1), isian titik-titik (C2), soal uraian (C2)
-
soal kelompok (C2)
Afektif:
-
rubrik penilaian (kerjasam,
kepercayaan, dan kelancara berkomunikasi) (A2)
-
melaporkan hasil kerja kelompok
(A2)
-
menampilkan contoh menjaga
kebersihan lingkungan rumah (A2)
Psikomotorik:
-
melakukan kebiasaan baik dalam
menjaga kebersihan kelas (P2)
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
|
· Lingkungan
sekitar rumahku bersih dan sehat
· Bersama-sama
menjaga lingkungan
|
|||||
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
|
· Mengidentifikasi
cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
· Menyatakan
pendapat tentang sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
|
·
Menjelaskan cara menjaga
kebersihan lingkungan sekitar rumah
·
Menjelaskan cara menjaga
kebersihan lingkungan alam
·
Menyampaikan pendapat tentang
sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah
·
Menyampaikan pendapat tentang
sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam
|
· Lingkungan
sekitar rumahku bersih dan sehat
· Bersama-sama
menjaga lingkungan
|
|||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
· Lingkungan
sekitar rumahku bersih dan sehat
· Bersama-sama
menjaga lingkungan
|
|||||
PEMBELAJARAN
2
|
|||||||
PEMBELAJARAN
3
|
|||||||
PEMBELAJARAN
4
|
|||||||
PEMBELAJARAN
5
|
|||||||
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
·
Menyadari sikap tertib dalam
melakukan kerja kelompok
·
Mempraktikkan sikap tertib dan
teratur dalam melakukan kerja kelompok
|
· Memberikan
contoh sikap tertib dalam melakukan kerja kelompok
· Mempraktikkan
sikap tertib dan teratur dalam kerja kelompok
|
· Aku
dapat membuat kalimat bersama teman-teman
· Membedakan
bentuk benda
|
· Model
: Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement –
Divisions (STAD)
· Metode
: Ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi
Jurnal:
Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Pemahaman Peristiwa Proklamasi
Indonesia Dalam Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Pereng
Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010
/ oleh Sarifah Nurhasanah
|
· Sumber
belajar: buku siswa
|
Kognitif :
-
Soal tes individu yang terdiri
dari pilihan ganda (C1), soal uraian (C2)
Afektif:
-
Rubrik penilaian (kerjasama,
keberanian, percaya diri, dan kelancaran komunikasi)
-
Melaporkan hasil kerja kelompok (A2)
Psikomotorik:
-
Menunjukkan bentuk-bentuk benda
disekitar (P3)
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
|
· Aku
dapat membuat kalimat bersama teman-teman
· Membedakan
bentuk benda
|
|||||
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
·
Menyadari sikap tertib dalam
melakukan kerja kelompok
·
Mempraktikkan sikap tertib dan
teratur dalam melakukan kerja kelompok
|
· Memberikan
contoh sikap tertib dalam melakukan kerja kelompok
· Mempraktikkan
sikap tertib dan teratur dalam kerja kelompok
|
· Aku
dapat membuat kalimat bersama teman-teman
· Membedakan
bentuk benda
|
|||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
· Aku
dapat membuat kalimat bersama teman-teman
· Membedakan
bentuk benda
|
|||||
PEMBELAJARAN 6
|
SUB TEMA 3
LINGKUNGAN SEKOLAHKU
|
|||||||
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
SUB INDIKATOR
|
MATERI AJAR
|
MODEL/ PENDEKATAN/
STRATEGI/ METODE
|
ALAT PERAGA/ MEDIA/
BAHAN AJAR/ SUMBER BELAJAR
|
EVALUASI
|
PEMBELAJARAN
1
|
|||||||
PEMBELAJARAN
2
|
|||||||
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
·
Mengidentifikasi perilaku tertib
dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
·
Memberikan paling sedikit 3
contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
sekolah
·
Menunjukan perilaku tertib dan
teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
|
· Menjelaskan
perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
· Menjelaskan
perilaku tertib dan teratur dalam mejaga kebersihan di luar kelas
· Memberikan
contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
· Memberikan
contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
· Menunjukkan
perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
· Menunjukkan perilaku tertib dan teratur
dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
|
· Tertib
dan teratur di lingkungan sekolah
· Sekolah
bersih karena kita peduli
|
· Pendekatan:
Student Center
· Model:
Kooperatif tipe TGT
Jurnal:
Model
Pembelajaran TGT dalam Peningkatan Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN Weton
Kulon, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen/ oleh Muji Kuwati, Tri Saptuti
Susiani, Imam Suyanto
|
· Media
pembelajaran: kartu ucapan
· Sumber
belajar: buku siswa
|
Kognitif :
-
Tes tulis (C3)
Afektif :
-
Peduli lingkungan (A3)
-
Disiplin (A5)
-
Tanggung jawab ( A5)
Psikomotorik:
-
Partisipasi (P1)
-
Membuat kartu (P2)
-
Menyampaikan ucapan (P3)
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
|
· Tertib
dan teratur di lingkungan sekolah
· Sekolah
bersih karena kita peduli
|
|||||
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
|
·
Mengidentifikasi perilaku tertib
dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
·
Memberikan paling sedikit 3
contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
sekolah
· Menunjukan
perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah
|
· Menjelaskan
perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
· Menjelaskan
perilaku tertib dan teratur dalam mejaga kebersihan di luar kelas
· Memberikan
contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
· Memberikan
contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
· Menunjukkan
perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
· Menunjukkan perilaku tertib dan teratur
dalam menjaga kebersihan di dalam kelas
|
· Tertib
dan teratur di lingkungan sekolah
· Sekolah
bersih karena kita peduli
|
|||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
· Tertib
dan teratur di lingkungan sekolah
· Sekolah
bersih karena kita peduli
|
|||||
PEMBELAJARAN 3
|
|||||||
PEMBELAJARAN 4
|
|||||||
PEMBELAJARAN 5
|
|||||||
PEMBELAJARAN 6
|
SUB TEMA 4
BEKERJA
SAMA MENJAGA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN
|
|||||||
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
SUB INDIKATOR
|
MATERI AJAR
|
MODEL/ PENDEKATAN/
STRATEGI/ METODE
|
ALAT PERAGA/ MEDIA/
BAHAN AJAR/ SUMBER BELAJAR
|
EVALUASI
|
PEMBELAJARAN
1
|
|||||||
PEMBELAJARAN
2
|
|||||||
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
·
Mengidentifikasi perilaku tertib
dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
·
Memberikan paling sedikit 3
contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan yang
biasa dilakukan
·
Mempraktikkan perilaku tertib dan teratur
dalam menjaga kebersihan lingkungan
|
· Menjelaskan
perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
· Memberikan
contoh perilaku tertib dan teratur
dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
· Memberikan
contoh perilaku tertib dan teratur
dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
|
· Menjaga
kebersihan lingkungan
|
· Model
: Kooperatif Two Stay Two Stray
· Metode
: Ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi
Jurnal:
Model
Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata
Pelajaran PKn/ oleh Titik Hariyani, Rapani, A. Sudirman
|
· Sumber
Belajar: Buku Siswa
|
Kognitif :
Tes
tulis berupa
-
soal individu yang terdiri dari
soal pilihan ganda (C1) soal uraian (C2)
-
soal kelompok (C2)
Afektif
:
-
rubrik penilaian ( Peduli
lingkungan, disiplin dan tanggung jawab) (A5)
-
melaporkan hasil kerja
kelompoknya kepada kelompok yang lain ( A2)
Psikomotorik
:
-
berpartispasi dalam kegiatan
diskusi (P2)
-
menyampaikan laporan hasil kerja
kelompok kepada kelompok lainnya (P2)
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
|
·
Menjaga kebersihan lingkungan
|
|||||
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
|
·
Mengidentifikasi perilaku tertib
dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
·
Memberikan paling sedikit 3
contoh perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan yang
biasa dilakukan
· Mempraktikkan perilaku tertib dan teratur
dalam menjaga kebersihan lingkungan
|
· Menjelaskan
perilaku tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
· Memberikan
contoh perilaku tertib dan teratur
dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
· Memberikan
contoh perilaku tertib dan teratur
dalam menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar
|
·
Menjaga kebersihan lingkungan
|
|||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
· Menjaga
kebersihan lingkungan
|
|||||
PEMBELAJARAN 3
|
|||||||
PEMBELAJARAN 4
|
|||||||
PEMBELAJARAN 5
|
|||||||
PEMBELAJARAN 6
|
0 komentar:
Posting Komentar