
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARN (RPP)
PKn
KELAS III SEMESTER 2
KD
4.1 DAN 4.2
Tugas
Mata Kuliah Pembelajaran Mikro
Kelas
E
Oleh
:
Selatika
Pidiana (130210204011)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2016
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : PKn (Pendidikan
Kewarganegaraan)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas/Semester : III/2
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
1.
STANDAR
KOMPETENSI
4. Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2.
KOMPETENSI
DASAR
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti
kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
4.2 Menampilkan rasa bangga sebagai anak
Indonesia.
C. INDIKATOR
1.
Mampu mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia.
2.
Menyebutkan contoh kekayaan alam khas
Indonesia
3.
Mampu menyebutkan contoh perilaku ramah
tamah
4.
Mampu menyebutkan contoh perilaku rasa
bangga sebagai anak Indonesia
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengan penjelasan guru, siswa
dapat mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia secara jelas.
2. Setelah membaca materi tentang kekayaan
alam, siswa dapat menyebutkan contoh kekayaan alam khas indonesia dengan tepat
3. Setelah mendengar penjelasa guru, siswa
dapat mencontohkan perilaku ramah tamah.
4. Melalui metode tanya jawab tentang rasa
bangga sebagai bangsa Indonesia, siswa mampu menyebutkan contoh perilaku rasa
bangga sebagai anak Indonesia dengan tepat
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Ciri Khas Bangsa Indonesia
2. Bangga sebagai Bangsa Indonesia
F. PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan
Pembelajaran : Kontruktivisme
Model
Pembelajaran : Cooperative
Learning tipe Numbered Heads Together
(NHT)
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahapan
|
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1. Mengucapkan
Salam
2. Berdo’a
bersama sebelum memulai kegiatan
pembelajaran
3. Guru
mengecek kehadiran siswa
4. Apersepsi
dengan menyanyikan lagu “Tanah Airku”
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
5. Guru
menjelaskan bahwa lagu “Tanah Airku” adalah salah satu lagu yang mencerminkan
kebanggaan kita terhadap Tanah air kita yaitu Indonesia.
6. Guru
menuliskan judul bab materi pelajaran hari ini setelah itu membacakan Tujuan
Pembelajaran
7. Guru
menjelasakan sambil tanya jawab dengan siswa tentang materi “Ciri khas bangsa
Indonesia”
8. Guru
meminta beberapa siswa untuk maju menempelkan apa saja yang termasuk sumber
daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui
9. Guru
mengajak siswa bermain permainan yang dinamakan “Aku dan nomerku”
10. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan
3-4 anak.
11. Kemudian
guru menjelasakan aturan dalam permainan
12. Guru
memandu jalannya permainan.
13. Guru
melanjutkan pembelajaran dengan menjelaskan materi tentang “Bangga sebagai bangsa Indonesia”
14. Guru
memberikan tugas kepada siswa terkait dengan materi “Bangga sebagai bangsa Indonesia”
15. Guru
meminta siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan sebagai bentuk
penilaian tugas individu.
|
55 menit
|
Penutup
|
16. Guru
bersama siswa menarik kesimpulan dari materi pembelajaran hari ini.
17. Guru
memotivasi siswa.
18. Berdoa
sebelum mengakhiri pembelajaran
|
5
menit
|
H. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media
Pemberlajaran : Poster Pancasila, video instrumen lagu “Tanah airku”, tabel
pengelompokan sumber daya Alam
Sumber
Belajar : BSE “Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4”
I.
PENILAIAN
· Prosedur :
Proses dan hasil, penilaian
terhadap siswa dilakukan selama proses proses pembelajaran berlangsung dan pada
akhir pembelajaran. Penilaian dalam proses dilakukan melalui tanya jawab dan
pelaksanaan permainan kelompok sedangkan
penilaian akhir dilakukan melalui soal latihan.
· Teknik : Tes
· Bentuk : Tes tulis (soal uraian)
· Soal
/ Instrumen : Terlampir
Mengetahui Jember,
15 April 2016
Kepala Sekolah Guru Kelas III
.............................................
.............................................
NIP.
NIP.

LAMPIRAN 01: MATERI AJAR
Bangga
sebagai Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Wilayah
negara kita sangat luas dan terdiri dari beribu-ribu pulau yang tersebar dari
Sabang sampai Merauke. Di samping itu, tanah air Indonesia sangatlah subur dan
kaya akan berbagai sumber daya alam. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita
merasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Banyak hal yang dapat kita banggakan
sebagai bangsa Indonesia, seperti kekayaan alam yang melimpah, tanah yang
subur, dan pemandangan yang indah, hasil alam yang banyak dan beraneka ragam,
serta berbagai sumber daya alam yang lain. Bangsa Indonesia terdiri dari
berbagai macam suku bangsa dengan aneka kebudayaan daerahnya. Keanekaragaman itu
bukan untuk dipertentangkan. Tetapi, merupakan suatu sarana untuk bersatu
sehingga dapat tercipta persatuan dan kesatuan bangsa yang kokoh.
Pada pelajaran ini, kamu akan diajak untuk mengenal
lebih jauh tentang berbagai perbedaan yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia.
Untuk itu, marilah kita pelajari tentang ciri khas bangsa Indonesia, rasa
bangga sebagai bangsa Indonesia, dan membiasakan diri berperilaku yang baik.
A. Ciri Khas Bangsa
Indonesia
1. Bhinneka
Tunggal Ika

Perhatikanlah baik-baik gambar burung Garuda
Pancasila tersebut!
Amatilah dengan seksama lalu isilah tabel berikut sesuai hasil pengamatanmu!
Hasil pengamatan tentang Burung Garuda!

Pada pita yang dicengkeram oleh burung Garuda
Pancasila terdapat tulisan Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan Bhinneka
Tunggal Ika artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Kalimat itu
diambil dari Buku Sutasoma karangan Mpu Tantular. Semboyan ini sangat tepat
bagi bangsa Indonesia. Makna dari semboyan ini adalah bahwa bangsa Indonesia
terdiri dari beraneka ragam suku bangsa, bahasa daerah, serta budaya daerah.
Namun demikian, keanekaragaman itu bukanlah merupakan suatu penghalang. Tetapi,
keanekaragaman itu merupakan sarana untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan
bangsa.
Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan sarana
pemersatu bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, semboyan ini hendaklah dijadikan
pegangan bagi setiap warga negara Indonesia dalam mewujudkan persatuan dan
kesatuan bangsa. Dengan semboyan ini, bangsa kita akan terhindar dari perpecahan.
Perbedaan-perbedaan yang ada justru merupakan kekayaan bangsa. Perbedaan itu
kita jadikan modal untuk bersatu. Perbedaan bangsa Indonesia sangat beragam
sehingga memunculkan adanya berbagai kebudayaan daerah seperti, tarian daerah,
bahasa daerah, suku bangsa, senjata tradisional, dan rumah adat.
2.
Kekayaan
Alam Indonesia
Kekayaan alam disebut juga sumber daya alam. Tanah
air Indonesia mengandung beraneka sumber daya alam. Kesuburan alam Indonesia
juga merupakan sumber daya alam yang tidak ternilai harganya. Sumber daya alam
di Indonesia digolongkan menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat
diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
a. Sumber Daya Alam yang
Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang dapat diperbarui artinya
sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun telah digunakan. Kalau
sumber daya alam ini selalu dijaga dan dilestarikan, maka tidak akan cepat
habis.
Sumber daya alam yang dapat diperbarui di antaranya
berupa tumbuhan, hewan, tanah, air dan udara. Tumbuhan dapat diperbarui dengan
cara menanam kembali. Hewan dapat diperbarui dengan cara beternak. Tanah dapat
diperbarui dengan cara pemupukan dan pengairan. Air dan udara dapat diperbarui
dengan cara proses daur ulang.
b. Sumber
Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui artinya
sumber daya alam yang semakin lama akan habis. Sumber daya alam ini jika sering
digunakan akan lebih cepat habis. Oleh sebab itu, sumber daya alam ini harus
digunakan secara bijaksana. Agar sumber daya alam ini tidak cepat habis
diperlukan usaha penghematan. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, di
antaranya bahan tambang dan minyak bumi.
3.
Keramahtamahan
Bangsa Indonesia
Bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang ramah. Keramahtamahan ini bisa terlihat pada
saat kita kedatangan tamu, bertemu
bapak ibu guru, bertemu teman, dan bertemu saudara. Pada saat berpapa-san dengan orang lain hendaklah kita menyapanya dengan sopan.

gambar
seorang anak menyapa tetangganya
Sifat ramah tamah sangat dibutuhkan dalam kehidupan
sehari–hari. Kita juga harus bersikap ramah kepada siapapun dan dimanapun. Jika
bertemu teman atau bertemu bapak dan ibu guru kita harus menyapanya. Bahkan,
kita juga harus ramah dengan anak kecil. Sikap ramah akan membuat kita bisa
lebih dekat dan lebih akrab dengan orang lain. Orang yang ramah akan mempunyai
banyak teman.
B.
Bangga
sebagai Bangsa Indonesia
Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita tentu
merasa bangga dengan Indonesia. Rasa
bangga ini harus diwujudkan dalam sikap dan perilaku kita sehari-hari. Sikap
dan perilaku yang mencerminkan rasa
bangga sebagai anak Indonesia dapat dilakukan
dengan cara menggunakan barang–barang buatan Indonesia, cinta tanah air Indonesia, mengenal dan mencintai kebudayaan
Indonesia, rela berkorban untuk bangsa Indonesia, dan berusaha membangun bangsa Indonesia.
C.
Membiasakan
Diri Bersikap Bangga sebagai Bangsa Indonesia
Bacalah kalimat–kalimat berikut dan renungkanlah
artinya. Lalu, biasakanlah dalam kehidupan sehari–hari!
·
Mencintai produksi dalam negeri
merupakan wujud kebanggan diri sebagai bangsa Indonesia
·
Bangga sebagai bangsa Indonesia berarti
mau menggunakan barang-barang buatan bangsa Indonesia
·
Bangga sebagai bangsa Indonesia berarti
mau menjaga dan melestarikan sumber daya alam Indonesia
·
Kalau kamu mau melindungi alam, maka
alam juga akan melindungi kamu
·
Mencintai bangsa Indonesia berarti mau
berusaha untuk memperbaiki bangsa Indonesia
·
Usaha memperbaiki bangsa tidak bisa
ditunda–tunda namun harus dimulai sejak sekarang
·
Kekayaan alam Indonesia merupakan
kebanggan kita bersama. Marilah kita lestarikan sumber daya alam Indonesia!
·
Bersikaplah sopan kepada setiap orang
·
Belajarlah yang giat sejak sekarang.
Jangan menunggu saat ulangan atau ujian!
·
Berusahalah memperbaiki dirimu sendiri dahulu
dengan bersikap sopan, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab!
Kita harus bangga sebagai anak
Indonesia. Rasa bangga itu bisa kamu tunjukkan dengan bertingkah laku yang
baik. Sebagai pelajar tunjukkan sikap kamu dengan rajin belajar.
LAMPIRAN
02: PENILAIAN
1.
Penilaian
1 (tanya jawab interaktif dalam pembelajaran mengenai ciri khas bangsa
Indonesia)
·
Soal/instrumen

·
Format
Penilaian
No
|
Nama
|
Pertanyaan
|
Nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*berilah
tanda silang (X) di salah satu no. pertanyaan yang berhasil siswa jawab
2.
|
Penilaian 2
(Penilaian kelompok dengan permainan “Aku dan Nomorku”)
· Soal/Instrumen :
1. Arti
dari Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Coba
jelaskan apa Makna dari semboyan tersebut!
2. Coba
jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya Alam yang dapat diperbaharui, dan
sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui!
3. Sebutkan
contoh masing-masing 3 dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber
daya alam yang tidak dapat diperbaharui!
4. Sebutkan
apa saja keuntungan dari bersikap ramah kepada orang lain!
· Lembar
Penilaian :
No.
|
Nama Kelompok
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||
Kerjasama kelompok
|
Ketepatan menyelesaikan soal
|
Penampilan penyampaian
hasil diskusi (presentasi)
|
||||
1.
|
Kelompok 1
|
|
|
|
|
|
Anggota :
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kelompok 2
|
|
|
|
|
|
Anggota :
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Dst..
|
|
|
|
|
|
· Kriteria
Penskoran :
Skor
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Aspek yang dinilai
|
||||
Kerjasama
dalam kelompok dan ketepatan waktu pengerjaan tugas
|
Siswa
mampu bekerjasama dengan kelompoknya dengan baik dan dapat menyelesaikan
tugas tepat waktu
|
Siswa
mampu bekerjasama dengan kelompoknya namun kurang baik (sebagian bekerja dan
sebagian tidak) dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu
|
Siswa
mampu bekerjasama dengan kelompoknya tetapi tidak dapat menyelesaikan tugas
tepat waktu
|
Siswa
tidak mampu bekerjasama dengan kelompoknya dan tidak dapat menyelesaikan
tugas tepat waktu
|
Ketepatan
menyelesaikan soal
|
Kelompok
dapat menyelesaikan semua soal dengan tepat dan benar
|
Kelompok
dapat menyelesaikan sebagian soal (3 sampai 2 soal) dengan benar dan tepat
|
Hanya
sebagian kecil (l soal) yang dapat dijawab benar dan tepat oleh kelompok
|
Kelompok
tidak dapat menyelesaikan soal dengan benar dan tepat
|
Penampilan penyampaian hasil diskusi (presentasi)
|
Berani
menyampaikan hasil diskusi dengan lancar dan percaya diri
|
Berani
menyampaikan hasil diskusi dengan lancar namun kurang percaya diri
|
Menyampaikan
hasil diskusi dengan ragu-ragu dan malu-malu
|
Tidak
berani menyampaikan hasil diskusi
|

3.
Penilaian
3 (Penilaian individu dengan mengerjakan LKS)
Penilaian
Tes tulis (Individu)
|
· Soal/Instrumen :
Jawablah Pertanyaan dibawah ini
dengan tepat!
1. Bagaimana
cara kalian sebagai pelajar untuk memperbaiki bangsa Indonesia ini?
Jawab:..............................................................................................................................
...........................................................................................................................................
2.
Bagaimana cara mewujudkan rasa cinta
kita terhadap barang-barang buatan Indonesia?
Jawab:..............................................................................................................................
...........................................................................................................................................
· Kriteria
Penilaian :
Jawaban benar, tepat,
dan logis masing-masing nomor mendapat
skor 50
· Lembar
Penilaian :
No.
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Keterangan
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar