Pages

Labels

Rabu, 18 Mei 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARN (RPP)
PKn KELAS III SEMESTER 2
KD 4.1 DAN 4.2





Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro
Kelas E


Oleh :
Selatika Pidiana (130210204011)




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                      : PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
Satuan Pendidikan                : SD/MI
Kelas/Semester                      : III/2
Alokasi Waktu                       : 2 X 35 menit

1.        STANDAR KOMPETENSI
4.    Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2.        KOMPETENSI DASAR
4.1  Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
4.2  Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
C.   INDIKATOR
1.         Mampu mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia.
2.         Menyebutkan contoh kekayaan alam khas Indonesia
3.         Mampu menyebutkan contoh perilaku ramah tamah
4.         Mampu menyebutkan contoh perilaku rasa bangga sebagai anak Indonesia
D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mendengan penjelasan guru, siswa dapat mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia secara jelas.
2.    Setelah membaca materi tentang kekayaan alam, siswa dapat menyebutkan contoh kekayaan alam khas indonesia dengan tepat
3.    Setelah mendengar penjelasa guru, siswa dapat mencontohkan perilaku ramah tamah.
4.    Melalui metode tanya jawab tentang rasa bangga sebagai bangsa Indonesia, siswa mampu menyebutkan contoh perilaku rasa bangga sebagai anak Indonesia dengan tepat
E.   MATERI PEMBELAJARAN
1.    Ciri Khas Bangsa Indonesia
2.    Bangga sebagai Bangsa Indonesia
F.    PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran           : Kontruktivisme
Metode Pembelajaran                 : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi kelompok
Model Pembelajaran                   :  Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT)

G.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahapan
Langkah-langkah Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.     Mengucapkan Salam
2.     Berdo’a bersama sebelum memulai kegiatan  pembelajaran
3.     Guru mengecek kehadiran siswa
4.     Apersepsi dengan menyanyikan lagu “Tanah Airku”
10 menit
Kegiatan Inti
5.     Guru menjelaskan bahwa lagu “Tanah Airku” adalah salah satu lagu yang mencerminkan kebanggaan kita terhadap Tanah air kita yaitu Indonesia.
6.     Guru menuliskan judul bab materi pelajaran hari ini setelah itu membacakan Tujuan Pembelajaran
7.     Guru menjelasakan sambil tanya jawab dengan siswa tentang materi “Ciri khas bangsa Indonesia”
8.     Guru meminta beberapa siswa untuk maju menempelkan apa saja yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
9.     Guru mengajak siswa bermain permainan yang dinamakan “Aku dan nomerku”
10. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 3-4 anak.
11. Kemudian guru menjelasakan aturan dalam permainan
12. Guru memandu jalannya permainan.
13. Guru melanjutkan pembelajaran dengan menjelaskan materi tentang “Bangga  sebagai bangsa Indonesia”
14. Guru memberikan tugas kepada siswa terkait dengan materi “Bangga  sebagai bangsa Indonesia”
15. Guru meminta siswa mengumpulkan tugas yang telah dikerjakan sebagai bentuk penilaian tugas individu.
55 menit
Penutup
16.  Guru bersama siswa menarik kesimpulan dari materi pembelajaran hari ini.
17.  Guru memotivasi siswa.
18.  Berdoa sebelum mengakhiri pembelajaran
5 menit

H.   MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media Pemberlajaran  :  Poster Pancasila, video instrumen lagu “Tanah airku”, tabel pengelompokan sumber daya Alam
Sumber Belajar           :  BSE “Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 4”
I.         PENILAIAN
·      Prosedur                      :
Proses dan hasil, penilaian terhadap siswa dilakukan selama proses proses pembelajaran berlangsung dan pada akhir pembelajaran. Penilaian dalam proses dilakukan melalui tanya jawab dan pelaksanaan permainan kelompok  sedangkan penilaian akhir dilakukan melalui soal latihan.
·      Teknik                         : Tes
·      Bentuk                         : Tes tulis (soal uraian)
·      Soal / Instrumen          : Terlampir







Mengetahui                                                                             Jember, 15 April 2016
         Kepala Sekolah                                                                                 Guru Kelas III


.............................................                                                           .............................................
NIP.                                                                                                NIP.













LAMPIRAN









LAMPIRAN 01: MATERI AJAR

Bangga sebagai Bangsa Indonesia
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Wilayah negara kita sangat luas dan terdiri dari beribu-ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Di samping itu, tanah air Indonesia sangatlah subur dan kaya akan berbagai sumber daya alam. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita merasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Banyak hal yang dapat kita banggakan sebagai bangsa Indonesia, seperti kekayaan alam yang melimpah, tanah yang subur, dan pemandangan yang indah, hasil alam yang banyak dan beraneka ragam, serta berbagai sumber daya alam yang lain. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dengan aneka kebudayaan daerahnya. Keanekaragaman itu bukan untuk dipertentangkan. Tetapi, merupakan suatu sarana untuk bersatu sehingga dapat tercipta persatuan dan kesatuan bangsa yang kokoh.
Pada pelajaran ini, kamu akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang berbagai perbedaan yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Untuk itu, marilah kita pelajari tentang ciri khas bangsa Indonesia, rasa bangga sebagai bangsa Indonesia, dan membiasakan diri berperilaku yang baik.


A.  Ciri Khas Bangsa Indonesia
1.   Bhinneka Tunggal Ika
Perhatikanlah baik-baik gambar burung Garuda Pancasila tersebut! Amatilah dengan seksama lalu isilah tabel berikut sesuai hasil pengamatanmu!
      Hasil pengamatan tentang Burung Garuda!
Pada pita yang dicengkeram oleh burung Garuda Pancasila terdapat tulisan Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Kalimat itu diambil dari Buku Sutasoma karangan Mpu Tantular. Semboyan ini sangat tepat bagi bangsa Indonesia. Makna dari semboyan ini adalah bahwa bangsa Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku bangsa, bahasa daerah, serta budaya daerah. Namun demikian, keanekaragaman itu bukanlah merupakan suatu penghalang. Tetapi, keanekaragaman itu merupakan sarana untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan sarana pemersatu bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, semboyan ini hendaklah dijadikan pegangan bagi setiap warga negara Indonesia dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan semboyan ini, bangsa kita akan terhindar dari perpecahan. Perbedaan-perbedaan yang ada justru merupakan kekayaan bangsa. Perbedaan itu kita jadikan modal untuk bersatu. Perbedaan bangsa Indonesia sangat beragam sehingga memunculkan adanya berbagai kebudayaan daerah seperti, tarian daerah, bahasa daerah, suku bangsa, senjata tradisional, dan rumah adat.
2.     Kekayaan Alam Indonesia
Kekayaan alam disebut juga sumber daya alam. Tanah air Indonesia mengandung beraneka sumber daya alam. Kesuburan alam Indonesia juga merupakan sumber daya alam yang tidak ternilai harganya. Sumber daya alam di Indonesia digolongkan menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
a.  Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang dapat diperbarui artinya sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun telah digunakan. Kalau sumber daya alam ini selalu dijaga dan dilestarikan, maka tidak akan cepat habis.
Sumber daya alam yang dapat diperbarui di antaranya berupa tumbuhan, hewan, tanah, air dan udara. Tumbuhan dapat diperbarui dengan cara menanam kembali. Hewan dapat diperbarui dengan cara beternak. Tanah dapat diperbarui dengan cara pemupukan dan pengairan. Air dan udara dapat diperbarui dengan cara proses daur ulang.
b.     Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui artinya sumber daya alam yang semakin lama akan habis. Sumber daya alam ini jika sering digunakan akan lebih cepat habis. Oleh sebab itu, sumber daya alam ini harus digunakan secara bijaksana. Agar sumber daya alam ini tidak cepat habis diperlukan usaha penghematan. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, di antaranya bahan tambang dan minyak bumi.
3.     Keramahtamahan Bangsa Indonesia
Bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang ramah. Keramahtamahan ini bisa terlihat pada saat kita kedatangan tamu, bertemu bapak ibu guru, bertemu teman, dan bertemu saudara. Pada saat berpapa-san dengan orang lain hendaklah kita menyapanya dengan sopan.
gambar seorang anak menyapa tetangganya
Sifat ramah tamah sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari–hari. Kita juga harus bersikap ramah kepada siapapun dan dimanapun. Jika bertemu teman atau bertemu bapak dan ibu guru kita harus menyapanya. Bahkan, kita juga harus ramah dengan anak kecil. Sikap ramah akan membuat kita bisa lebih dekat dan lebih akrab dengan orang lain. Orang yang ramah akan mempunyai banyak teman.



B.   Bangga sebagai Bangsa Indonesia
Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita tentu merasa bangga dengan Indonesia. Rasa bangga ini harus diwujudkan dalam sikap dan perilaku kita sehari-hari. Sikap dan perilaku yang mencerminkan rasa bangga sebagai anak Indonesia dapat dilakukan dengan cara menggunakan barang–barang buatan Indonesia, cinta tanah air Indonesia, mengenal dan mencintai kebudayaan Indonesia, rela berkorban untuk bangsa Indonesia, dan berusaha membangun bangsa Indonesia.
C.   Membiasakan Diri Bersikap Bangga sebagai Bangsa Indonesia
Bacalah kalimat–kalimat berikut dan renungkanlah artinya. Lalu, biasakanlah dalam kehidupan sehari–hari!
·          Mencintai produksi dalam negeri merupakan wujud kebanggan diri sebagai bangsa Indonesia
·          Bangga sebagai bangsa Indonesia berarti mau menggunakan barang-barang buatan bangsa Indonesia
·          Bangga sebagai bangsa Indonesia berarti mau menjaga dan melestarikan sumber daya alam Indonesia
·          Kalau kamu mau melindungi alam, maka alam juga akan melindungi kamu
·          Mencintai bangsa Indonesia berarti mau berusaha untuk memperbaiki bangsa Indonesia
·          Usaha memperbaiki bangsa tidak bisa ditunda–tunda namun harus dimulai sejak sekarang
·          Kekayaan alam Indonesia merupakan kebanggan kita bersama. Marilah kita lestarikan sumber daya alam Indonesia!
·          Bersikaplah sopan kepada setiap orang
·          Belajarlah yang giat sejak sekarang. Jangan menunggu saat ulangan atau ujian!
·          Berusahalah memperbaiki dirimu sendiri dahulu dengan bersikap sopan, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab!
Kita harus bangga sebagai anak Indonesia. Rasa bangga itu bisa kamu tunjukkan dengan bertingkah laku yang baik. Sebagai pelajar tunjukkan sikap kamu dengan rajin belajar.
LAMPIRAN 02: PENILAIAN

1.      Penilaian 1 (tanya jawab interaktif dalam pembelajaran mengenai ciri khas bangsa Indonesia)
·        Soal/instrumen
Text Box: Tes tanya jawab dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Tes yang dilakukan mengukur keaktifan siswa dalam menjawab setiap pertanyaan guru secara lisan.
·         Format Penilaian
No
Nama
Pertanyaan
Nilai
1
2
3


















*berilah tanda silang (X) di salah satu no. pertanyaan yang berhasil siswa jawab

2.     
Tes dilakukan dengan menjawab beberapa soal yang telah disiapkan guru dengan berdiskusi kelompok dan menyampaikan hasil diskusi tersebut secara lisan dengan  cara bergantian dari masing-masing anggota kelompok.

 
Penilaian 2 (Penilaian kelompok dengan permainan “Aku dan Nomorku”)



·      Soal/Instrumen            :
1.    Arti dari Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Coba jelaskan apa Makna dari semboyan tersebut!
2.    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya Alam yang dapat diperbaharui, dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui!
3.    Sebutkan contoh masing-masing 3 dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui!
4.    Sebutkan apa saja keuntungan dari bersikap ramah kepada orang lain!




·      Lembar Penilaian         :
No.
Nama Kelompok
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Kerjasama kelompok
Ketepatan menyelesaikan soal
Penampilan  penyampaian hasil diskusi (presentasi)
1.
Kelompok 1





Anggota :





1.





2.





3.





4.





2.
Kelompok 2





Anggota :





1.





2.





3.





4.





3.
Dst..






·      Kriteria Penskoran       :
Skor
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Aspek yang dinilai
Kerjasama dalam kelompok dan ketepatan waktu pengerjaan tugas
Siswa mampu bekerjasama dengan kelompoknya dengan baik dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu
Siswa mampu bekerjasama dengan kelompoknya namun kurang baik (sebagian bekerja dan sebagian tidak) dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu
Siswa mampu bekerjasama dengan kelompoknya tetapi tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu
Siswa tidak mampu bekerjasama dengan kelompoknya dan tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu
Ketepatan menyelesaikan soal
Kelompok dapat menyelesaikan semua soal dengan tepat dan benar
Kelompok dapat menyelesaikan sebagian soal (3 sampai 2 soal) dengan benar dan tepat
Hanya sebagian kecil (l soal) yang dapat dijawab benar dan tepat oleh kelompok
Kelompok tidak dapat menyelesaikan soal dengan benar dan tepat
Penampilan  penyampaian hasil diskusi (presentasi)
Berani menyampaikan hasil diskusi dengan lancar dan percaya diri
Berani menyampaikan hasil diskusi dengan lancar namun kurang percaya diri
Menyampaikan hasil diskusi dengan ragu-ragu dan malu-malu
Tidak berani menyampaikan hasil diskusi
3.      Penilaian 3 (Penilaian individu dengan mengerjakan LKS)
Penilaian Tes tulis (Individu)
Tes dilakukan dengan menjawab soal pada LKS yang telah disediakan guru secara individu untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

 
 




·      Soal/Instrumen            :
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
1.    Bagaimana cara kalian sebagai pelajar untuk memperbaiki bangsa Indonesia ini?
Jawab:..............................................................................................................................
...........................................................................................................................................
2.    Bagaimana cara mewujudkan rasa cinta kita terhadap barang-barang buatan Indonesia?
Jawab:..............................................................................................................................
...........................................................................................................................................
·      Kriteria Penilaian         :
Jawaban benar, tepat, dan logis masing-masing  nomor mendapat skor 50
·      Lembar Penilaian         :
No.
Nama Siswa
Skor
Keterangan
1.



2.



3.



4.



dst.





0 komentar:

Posting Komentar